Skip to main content

Lapor Pajak Pribadi Tahunan 2019 diperpanjangan hingga 30 April 2020





Direktorat Jendral Pajak dibawah Kementerian Keuangan memberikan kelonggaran hingga 30 april 2020 akibat adanya pandemi yang menyerang Indonesia, untuk pelaporan SPT Tahunan pph tahun pajak 2019 bagi orang pribadi.
Wajib pajak dapat melakukan pelaporan pajak menggunakan Layanan e-filing setelah memiliki nomor EFIN (Electronic Filing Identification Number) yang dikirimkan oleh email resmi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Terdaftar.
Ada 3 jenis formulir SPT Tahunan untuk pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi, yaitu:
1. Formulir 1770 SS
Formulir ini digunakan oleh Wajib Pajak yang mempunyai penghasilan selain dari usaha dan/atau pekerjaan bebas dengan penghasilan bruto tidak lebih dari Rp60.000.000,00 dalam satu tahun. Pelaporan penghasilan sesuai dengan bukti potong yang diterima karyawan setiap tahun seperti 1721 – A1 untuk karyawan swasta dan 1721-A2 untuk pegawai negeri.

2. Formulir 1770 S
Formulir ini diperuntukan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan lebih dari satu pemberi kerja atau, yang penghasilan brutonya sama dengan atau lebih besar dari Rp60.000.000,00 dalam satu tahun. Mempunyai penghasilan dalam negeri lainnya (seperti : bunga, royalty, sewa ataupun keuntungan dari penjualan dan/atau pengalihan harta lainnya) atau, memiliki penghasilan yang dikenakan PPh final Dan/atau bersifat final seperti bunga deposito, SBI dan lainnya.
a. Formulir ini digunakan untuk karyawan yang penghasilan brutonya sama dengan atau lebih besar dari 60 juta per tahun. Karyawan yang mengisi formulir 1770 S juga diwajibkan untuk meminta bukti potong 1721-A1 maupun 1721-A2;
b. Memperoleh penghasilan yang bukan termasuk objek pajak seperti : Hibah/Warisan, Bantuan/Sumbangan, Klaim asuransi kesehatan, Beasiswa, dan lain-lain
c. Bagi Wajib Pajak yang menggunakan formulir 1770 S dalam penyampaian SPT Tahunannya, diwajibkan untuk mengisi lampiran – lampirannya seperti : Data penghasilan, Daftar harta dan/atau kewajiban, Bukti potong, Daftar anggota keluarga.

3. Formulir 1770
Formulir 1770 ini diperuntukkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi yang memperoleh penghasilan dari usaha sendiri (misalnya : usaha pertokoan, salon, warung dan lain-lain) atau,
1. pekerjaan bebas (misalnya : dokter, notaris, petugas dinas asuransi dan lain-lain) atau,
2.WP yang memperoleh penghasilan dari satu atau lebih pemberi kerja
3.memiliki penghasilan yang dikenakan PPh final dan/atau bersifat final
4.Wajib Pajak yang memiliki penghasilan Dalam Negeri lainnya (seperti : bunga, royalty, sewa ataupun keuntungan dari penjualan dan/atau pengalihan harta lainnya).
5.Wajib Pajak yang dan memperoleh penghasilan di luar negeri.
*Sumber : pajak.go.id

Apabila perlu bantuan atau pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi:

PT. Radja Adji Perkasa
No Telp : 085640803318 (Aktif WA)

Comments